Resep Cara Membuat Tape Ketan Hitam Yang Nikmat

Resep Cara Membuat Tape Ketan Hitam Yang Nikmat
Kali ini kami akan membagikan resep ketan hitam yang mudah untuk anda praktekkan. Untuk membuatnya anda bisa intip resepnya dibawah ini kemudian siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan lalu praktekkan deh. Berikut adalah resepnya, selamat mempraktekkan yah and happy cooking.


Bahan :
  • Beras ketan hitam / putih 1/2 kg
  • Daun pisang secukupnya (digunakan untuk membungkus)
  • Air putih 2 gelas
  • 2 butir ragi
Cara Membuat Tape Ketan Hitam Yang Nikmat :
  1. Siapkan Beras ketan hitam/ putih, lalu cuci sampai benar- benar bersih.
  2. Jika bahan utama nya berupa ketan hitam, ada baiknya anda merendam ketan nya pada malam sebelumnya, ini bertujuan supaya hasil nya menjadi lebih empuk, karena jenis beras ketan hitam ini lebih keras.
  3. Jika sudah selesai direndam, tiriskan hingga terpisah dengan sisa air rendaman.
  4. Lalu kukus beras ketan hingga menjadi setengah matang. Namun Jika anda menginginkan proses nya lebih cepat , anda bisa memasak ketan nya terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan mengukus ketan nya sebentar.
  5. Sambil menunggu ketan nya dikukus, anda bisa memanaskan air nya.
  6. Jika sudah terlihat uap yang mengepul dari ketan yang tadi dikukus, siram-siramkan air yang tadi dipanaskan,sambil di aduk rata. (jangan di angkat, biarkan posisi nya masih berada di atas kompor).
  7. Jika sudah matang, angkat, kemudian taruh dan ratakan ketan nya di atas nampan tunggu hingga ketan nya benar- benar dingin.
  8. Sambil menunggu, haluskan ragi nya. Kemudian siapkan wadah dan lapisi dengan daun hingga menutupi seluruh permukaan wadah
  9. Ratakan ketan, taburi dengan ragi yang sudah dihaluskan
  10. Tutup rapi dengan daun beberapa lapis dan tutupkan lagi wadah nya,supaya tidak ada udara yang masuk, diamkan selama 3 hari dan simpan di tempat yang hangat.
  11. Agar proses fermentasinya tidak terganggu dan hasilnya sempurna, jangan dibuka sebelum waktunya ya. Salah satu ciri tape sudah siap di buka adalah bau nya yang sangat kuat.
Blogger
Disqus

Tidak ada komentar